CIRI - CIRI ORANG YANG BERTAQWA

 CIRI  - CIRI ORANG YANG BERTAQWA

Terjemahan Ayat : Ali Imrah : 133 - 135

======================

1. Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.

2. (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema'afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.

3. Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.


Kesimpulan :
=======================
Sesuai dengan tujuan diwajibkannya puasa Ramadhan, yaitu untuk mencetak pribadi - pribadi yang bertaqwa, dijelaskan pada ayat tersebut bahwa ciri - ciri orang yang bertaqwa adalah sebagai berikut :


1. Orang yang bertaqwa adalah orang - orang yang mau menafkahkan hartanya baik di waktu lapang maupun di waktu sempit. Puasa mengajarkan kita untuk senantiasa berbagi meski dalam keadaan susah terlebih - lebih ketika kita dalam keadaan lapang dan kelebihan harta, dan sebaik - baik pemberian adalah pada bulan Ramadhan.

2. Pribadi yang bertaqwa senantiasa menjaga amarahnya. Mereka tidak gampang untuk marah, mereka akan sabar mengahadapi susatu yang akan menguji emosionalnya.

3. Orang yang bertaqwa akan selalu memaafkan kesalahan yang diperbuat orang lain kepadanya.

4. Orang yang bertaqwa yaitu orang - orang yang apabila mengerjakan perbuatan aniaya dan dosa mereka senantiasa mengingat Allah dan memohon ampunan kepada Allah atas segala dosa sebab mereka tahu bahwa hanya Allah yang dapat mengampuni dosa.
5. Kemudian orang yang bertaqwa bertekad untuk tidak kembali terjerumus kepada perbuatan keji (dosa) sebab mereka mengetahui. Orang yang baik bukanlah orang yang tidak pernah salah, orang yang baik adalah mereka yang berusaha untuk tidak melakukan kesalahan yang sama dimasa yang akan datang.

Salam Ukuwah,



Ditulis setelah menghadiri Kuliah Subuh

--------------------------
--------------------

0 komentar:

Posting Komentar

Sebaik - baik orang diantara kamu ialah yang mau belajar Alqur'an dan mau mengajarkannya/mengamalkannya